Oo Gituu…

scroll it, you'll love it

Halaman di Pen.IO

leave a comment »

Pen.io

Wow, kesan pertama setelah membuka sample page Pen.IO (saya tidak tahu bagaimana menuliskan pen.io secara benar;). Simple, beautiful, dan fokus terhadap konten. Sangat menarik untuk menuliskan sesuatu, apapun itu;)–untuk mengetahui apa saja yang dapat dilakukan dengan Pen, coba saja buka: http://youcanusepento.pen.io

Mengedit tulisan di sini pun terbilang sangat mudah, cukup kita klik Edit page dan sesaat setelah loading klik di bagian mana yang akan kita edit. Ingin mengganti judul cukup klik di bagian judul, ingin membetulkan paragraf cukup klik di bagian paragraf. Save dan cancel tergantung apakah kita akan menyimpan perubahannya atau tidak. Sangat simpel;)

Saya belum mengeksplornya lebih jauh, tetapi sekilas pandang ada beberapa yang dirasa kurang. Mungkin seperti yang ada pada halaman blog, yaitu fitur navigasi. Di sini hanya tersedia “Previous page“, “Next page“, dan halaman page.

Kita tidak tahu apa isi artikel selanjutnya atau sebelumnya atau pada halaman tertentu sebelum membukanya. Berhubung halaman yang tidak terlalu berat, mungkin mengunjungi langsung artikel yang dimaksud pun tidak terlalu bermasalah. Akan tetapi sangat disayangkan kalau kita harus menelusuri tiap-tiap artikel untuk menemukan bahan bacaan yang pas.

Coba saja hal yang dirasa kurang yang saya maksud itu adalah dengan adanya fitur navigasi yang menampilkan judul-judul artikel yang ditulis. Tentu akan lebih mudah bagi kita untuk loncat dari artikel satu ke yang lainnya dan membuka artikel yang menarik yang akan kita baca. Tentu lebih memudahkan.

Mungkin saja kalau ditambah “cita rasa” situs jejaring sosial tentu akan semakin lengkap. Maksud saya, kita bisa menemukan teman yang memiliki halaman di Pen.IO. Mencarinya lewat topik tertentu seperti halnya pada Quora.

Secara keseluruhan Pen.IO sangat menarik dan dapat dipakai untuk mensharing sekedar catatan atau artikel yang mudah dibaca teman-teman kita baik melalui browser desktop atau browser mobile.

Tambahan: sepertinya satu alamat Pen hanya untuk satu tulisan. Navigasi “Previous page“, “Next page“, dan halaman page ternyata dipakai untuk tulisan yang dibuat multipage, bukan untuk beberapa judul tulisan. Sepertinya Pen belum dapat digunakan untuk menjadi tempat utama kita menuliskan blog;) Sekedar untuk sharing catatan, Pen sangat berguna.

Advertisements

Written by Allan AS

1 March 2011 at 5:01 am

Posted in Blogging

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: