Oo Gituu…

scroll it, you'll love it

Jump Break (Blogger) = More Tag (WordPress) » "Read More…"

leave a comment »

Document

Saat awal-awal menggunakan Blogger, selalu saya keluhkan mengapa tidak ada fitur “Read more…“. Padahal fitur ini sangat saya butuhkan agar tampilan home di blog saya tetap minimalis dan tidak “menggeser terlalu bawah” tulisan sebelumnya.

Ternyata, pada Blogger hal tersebut dapat ditambahkan manual melalui editting html-nya. Setelah googling-googling akhirnya ketemu juga caranya, tetapi membaca guidenya saja agak kebingungan;) Setelah dicoba-coba akhirnya ketemu juga setiap bagian tag yang harus ditambahkan/diedit. Kemudian saya terapkan pada salah satu tulisan dan hasilnya pun “Read more…” muncul.

Berhasil kah? Sayangnya link “Read more…” tersebut muncul di akhir tulisan, alias tidak berhasil. Ah, saya sudah malas dan biarlah setiap tulisan tanpa memakai “Read more…”. Masih penasaran akhirnya googling sebentar sebelum menyerah;) Akhirnya, apa yang saya cari (“Read more…”) ketemu juga;)

Oh ya, di tulisan ini apa yang saya maksud fitur “Read more…” adalah fitur “Jump Break” pada Blogger;)

Document

Kalau mau langsung mengunjungi tentang info kemunculan “Read more…” di Blogger, silakan saja langsung buka:http://buzz.blogger.com/2009/09/you-might-as-well-jump.html

Nah, kalau di WordPress disebut “More Tag” dan sudah merupakan fitur default. Sedangkan di Blogger, pas pertama kali saya menggunakannya belum terdapat fitur ini. Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa untuk menambahkan fitur “Read more…” pada Blogger dibutuhkan sedikit trik memang. Akan tetapi, ternyata sekarang Blogger pun sudah memilikinya, hanya saja baru saya ketahui;)

Bagaimana penggunaannya? Sama seperti di WordPress, kita mengklik di mana kita menempatkan “Read more…” alias hanya menampilkan tulisan sebelum tag tersebut pada halaman home di blog kita. Contohnya pada tulisan ini saya menempatkannya setelah paragraf berikut:

…Ah, saya sudah malas dan biarlah setiap tulisan tanpa memakai “Read more…”. Masih penasaran akhirnya googling sebentar sebelum menyerah;) Akhirnya, apa yang saya cari (“Read more…“) ketemu juga;)<!–more–>
Kalau mau langsung mengunjungi tentang…

Pada editor Blogger klik saja ikon berikut untuk menambahkannya.

Kalau ingin mengubah tulisan default “Read more… ” sesuai keinginan silakan saja edit Layout dan Edit pada widget Blog Posts.

Tentu menjadi lebih mudah dibanding ketika awal-awal sebelum dihadirkannya fitur ini pada Blogger.

Apa sih manfaat dari fitur ini? Saya sendiri membutuhkannya untuk keperluan “kerapihan” pada halaman blog. Tentu pernah kita alami saat membuka blog seseorang di mana informasi yang kita butuhkan ada di tulisan ke-6 misal dari 7 tulisan yang ditampilkan dan ada di baris ke 110 misal karena si pemilik blog tidak menambahkan fitur “Read more… “. Tentu sangat menyebalkan bagi pembaca.

Nah dengan fitur “Read more…” ini, pembaca dapat membaca beberapa paragraf saja di awal tulisan dan apabila mereka tertarik lebih jauh membacanya disediakan link untuk menampilkan halaman khusus untuk tulisan tersebut saja. Link tersebut tentu yang saya maksud dengan fitur “Read more… ” ini;)

Dengan kata lain, kita berusaha menjaga kerapihan halaman dan menyediakan informasi yang penting saja menurut pembaca. Meskipun dalam prakteknya dapat digunakan lain;)

Advertisements

Written by Allan AS

15 March 2011 at 7:47 pm

Posted in Blogging

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: