Oo Gituu…

scroll it, you'll love it

Tumblr or LiveJournal?

with 7 comments

Tumblr or LJ?

Edit: saya REKOMENDASI-kan untuk menggunakan Tumblr ๐Ÿ™‚

Ini sekedar cerita tentang pengalaman saya saja sih tentang Tumblr dan LiveJournal. Bukan bermaksud untuk “mengadukan” keduanya kok, hanya saja ada beberapa hal yang ingin saya share di sini;)

Sekedar refresh, keduanya merupakan situs microblog dan social media yang boleh dikatakan sebagai wadah kita untuk sekedar blogging, menulis journal atau pun diary.

Kita mulai dari Tumblr, sebenarnya Tumblr hadir belakangan dibanding LiveJournal. Tumblr memang sengaja hadir untuk “menantang” LiveJournal dengan fitur-fitur yang lebih terspesifik di dalamnya. Misal, di Tumblr beberapa post dibedakan tiap-tiap jenisnya. Misalnya, untuk posting foto, quote , blog, audio, video, dll. disediakan menunya masing-masing. Sehingga setiap postingan akan dilayout sesuai jenisnya.

Nah, berbeda dengan LiveJournal di mana hanya disediakan satu menu “Post an Entry” untuk semua hal di atas. Layout postingan pun tidak terspesifikasi seperti halnya pada Tumblr. LiveJournal menampilkannya seperti layaknya situs-situs blog, sisi ini pula yang dimanfaatkan Tumblr untuk membuat dirinya lebih spesifik dibanding LiveJournal. Selain itu, Tumblr menyediakan template atau tampilan tema-tema yang lebih menarik dibanding LiveJournal yang boleh dikatakan “membosankan”;)

Apakah dengan ini Tumblr lebih baik? Nanti dulu;) Dari pernyataan di atas muncullah perbedaan antara pengguna Tumblr dan LiveJournal. Bagi pengguna LiveJournal, tampilan bukanlah nomor satu. Mereka lebih senang dengan konten yang mereka buat. Mereka juga lebih senang menuliskan sesuatu dibanding memposting foto-foto. Berbeda dengan pengguna Tumblr, saat saya menggunakannya pun, tentu menginginkan Tumblr saya tampil apik. Kemudian, saat memposting sebuah foto, pun terasa begitu menyenangkan karena ditampilkan dengan indah;) Dengan kata lain saya setuju mengenai sebuah kesimpulan bahwa:

LiveJournal --> teks
Tumblr --> foto

 

So , kalau kita lebih senang memposting foto-foto maka Tumblr lah sarana yang pas yang kita butuhkan. Nah, kalau kita lebih senang menulis ria maka LiveJournal boleh dicoba.

Sebagai gambaran deh, kalo kita lebih seneng nulis Notes di Facebook maka LiveJournal lebih condong ke arah tersebut, sedangkan kalo kita lebih senang mengupload foto maka lebih condongnya ke Tumblr.

Apakah benar seperti itu? Tentu relatif jawabnya, kalo kita lebih senang menulis catatan di Tumblr so boleh-boleh aja kok;)

Mengapa tidak menggunakan Blogger atau WordPress saja? Tentu kedua situs tersebut sudah berbeda dengan yang kita bahas ini. Tumblr dan LiveJournal memiliki fitur “sosial” sehingga kita dapat berinteraksi dengan teman-teman kita di dalamnya. Bahkan untuk LiveJournal ada fitur komunitas, seperti halnya Group pada Facebook;)

Sekarang mulai ada gambaran kan? Atau belum sama sekali?…XD

Saya sendiri sudah menghapus account Tumblr saya dua tahun* yang lalu (*lihat sejak tanggal tulisan ini). Mengapa? Hmm sekarang kita bahas deh kekurangan masing-masing;)

Tumblr dengan postingan foto-foto yang banyak membuatnya “berat” untuk dibuka. Apalagi dengan koneksi internet yang pas-pasan, jangankan menikmati halaman-halamannya indah, membukanya saja sudah membuat kita harus bersabar menunggu. Tentu gak masalah bagi yang “berkoneksi” ngebut;) Selain itu juga Tumblr (setahu saya) tidak mendukung situs mobile alias tampilan versi mobile web (ibaratkan facebook.com dan m.facebook.com , ngerti kan?;) Dengan ini, kita gak bisa posting lewat browser ponsel (via Opera Mini misal). Bisa sih posting lewat ponsel, tetapi itu pun menggunakan aplikasi tertentu dan hanya untuk smartphone tertentu aja. (** waktu itu smartphone masih didominasi Symbian dan Blackberry, iOS dan Android belum sebooming sekarang.)

LiveJournal sebaliknya, meskipun dengan tampilan halaman yang pas-pasan oleh karena konten yang dibuat penggunanya lebih banyak teks maka dibukanya pun lebih cepat. Bahkan sekarang ini juga sudah tersedia versi mobilenya [m.livejournal.com], so kita dapat memposting sekedar “Notes” dari browser hape kita (layaknya membuat Notes di m.facebook.com ).

– link LJ saya versi mobile untuk saat ini: http://m.livejournal.com/read/user/allanaes

Karena hal-hal tersebut di atas pula saya lebih memilih LiveJournal ketimbang mengurusi Tumblr saya dulu.

Eits… Tumblr yang sekarang malah udah melebihi WordPress lho [sumber]. Gak sedikit juga perusahaan yang make Tumblr, ya untuk produk fashion mereka, atau tentang news juga. Mungkin lebih mudah diterima “kaum gaul” juga ya kalo di Tumblr:) Boleh deh coba Tumblr-nya, gak akan nyesel kok. Komunitas di Tumblr juga bagus, selain ada fasilitas follow juga ada fasilitas reblog-nya:)

Btw, untuk lebih jauh tentang keduanya mungkin dapat mencoba membuat akun di kedua layanan tersebut. Bagi yang seneng nulis silakan eksplor LiveJournal deh, nah bagi yang berjiwa muda silakan bikin Tumblr-nya;)

Tertarik LiveJournal? Nah ini contoh interaksi yang dapat dilakukan dengan teman di LiveJournal:
http://inspectorboxer.livejournal.com/72827.html

Untuk Tumblr, buka yang ini aja deh:
http://laceandcake.tumblr.com/

Keduanya hasil googlingan aja sih, tetapi dapat mewakili yang saya maksud dalam tulisan ini;)

*interaksi dengan teman dapat dilakukan via comment (atau message)

Oke deh saya tutup segini saja ya… silakan lanjutkan kegiatannya;)

Written by Allan AS

15 March 2011 at 6:29 pm

Posted in Blogging

7 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. sy blum punya livejournal.. kykna sama kyk wp ya. klo tumblr agak beda.. ๐Ÿ™‚

    dhila13

    13 April 2011 at 1:09 pm

    • Sebenernya Tumblr sengaja pengen nyaingi LiveJournal;) beberapa fitur Tumblr yang saya inget sih: Photo, Quote, Music, Video, Blog, apalagi ya;) So, kalau mau ngepost salah satunya masing-masing punya menu tersendiri, jadi kita milih nih mau ngepost apa gitu…;)

      Ini deh contoh Tumblrnya Pevita Pearce –> http://inyi-minyi.tumblr.com

      Saya sendiri gak suka Tumblr, beratnya minta ampun;)
      Kalau LJ emang mirip WP, cuman fiturnya lebih sederhana;) Nah, kalo WP kan arahnya ke blog (lebih luas daripada journal), kita bisa aja jadiin WP kita seperti LiveJournal atau Tumblr, atau WP itu sendiri;)

      allanas

      13 April 2011 at 3:57 pm

  2. keren sekali ulasannya. Seakan bisa membaca pikiran saya. LoL. Kebetulan sekali saya pemakai livejournal & tumblr. Keduanya sangat aktif saya gunakan. Livejournal bisa menyimpan isi twit saya perhari dalam bentuk satu postingan blog, sedangkan tumblr sangat enak sekali dipakai untuk membuat quote. Saya pernah punya blogspot & wordpress, tapi keduanya tidak optimal. Akhirnya saya hapus. Saya mau tanya, apa livejournal & tumblr itu bisa disatukan? Saya suka sekali keduanya ๐Ÿ™‚

    nissa

    26 January 2012 at 8:34 pm

  3. Hmm maksudnya disatukan itu seperti apa ya:) Kalau maksudnya kita cukup sekali posting dan ntarnya muncul di Tumblr dan LiveJournal sekaligus sepertinya banyak cara. Misal pake add-on/extension ScribFire untuk browsernya atau situs semacam PixelPipe [http://pixelpipe.com], jadi kita cukup sekali tulis ntar bisa diposting di keduanya sekaligus:)

    Allan AS

    30 January 2012 at 7:51 pm

  4. kalau saya baca dari ulasan diatas jelas masing-masing punya kelebihan dan ke kurangan

    jell gamat

    12 March 2013 at 10:22 am

    • Makasih banget atas uraian Anda ……. Saya seorang blogger sejak sebelum tahun 1996 waktu itu belum ada WordPress, Blogger, Tumbler dlsbnya (seingat saya, saya masih pakai geocities dll. yang saya sudah lupa namanya .
      Rasa2nya setiap blogger mempunyai kebutuhan berbeda sesuai dgn selera, “gaya hidup” dan juga terutama MAKSUD (misi) kita ngeblog dan sampai sekarang saya sudah ada akun diberbagai aplikasi yang Anda sebut.
      Saya hargai setiap kalimat yang Anda tulis sebagai input bagi saya yang saya nilai sangat penting.
      Untuk keperluan saat ini saya kira saya butuhkan LJ karena saya menyesal bahwa semenjak DAHOELOE saya tidak serius membuat satu diary dimana kita dapat mencari acuan2 untuk tulisan2 di kemudian hari. (Soalnya saya sekarang sudah berumur 84 tahun tetapi masih gemar nulis2) Jadi sekian dulu, ya……SELAMAT ngeblog terooooos !

      laniratulangi

      18 July 2017 at 11:57 am

      • Wah luar biasa, belum sempat saya coba Geocities, udah keburu ditutup waktu itu ๐Ÿ™‚
        Terima kasih jg sempat berkunjung ke halaman ini ๐Ÿ™‚
        Artikel ini saya tulis di mana waktu itu Tumblr mulai populer tetapi “sangat berat” karena internet belum sekencang sekarang ๐Ÿ™‚ Di lain sisi, LiveJournal punya komunitas yang kuat dan kebanyakan pengguna tersebut hanya fokus di konten.

        Kalau saran saya sekarang, lebih bagus pakai WordPress, di samping penggunaannya semakin mudah (bisa melalui browser PC atau aplikasi smartphone) untuk menulis, ada juga informasi statistik untuk melihat jumlah pengunjung dan “keyword” pencarian apa yg pengunjung pakai sehingga sampai ke laman ini ๐Ÿ™‚

        ** blog ini sudah lama saya tidak perbarui, tetapi kalau ada notifikasi komentar masuk baru saya cek kembali ๐Ÿ™‚

        Allan AS

        18 July 2017 at 12:06 pm


Leave a Reply

