Oo Gituu…

scroll it, you'll love it

Mengubah Menu Bahasa di Firefox (Updated per Juli 2017)

leave a comment »

Updated!!

Link dan langkah-langkahnya disesuaikan per Juli 2017.

firefoxBosan dengan bahasa Inggris yang dipakai di menu Firefox? Atau udah kepalang download Firefox versi bahasa Indonesia dan ingin mengubahnya ke bahasa Inggris lagi? Atau, pengen nyoba menu dengan bahasa lain tanpa harus download full installer Firefox-nya? Nah, kalau itu semua yang diinginkan, mari sedikit ngoprek Firefox kita:)

Sebelumnya, harus diketahui dulu dua komponen yang berkaitan dengan bahasa (language-tools) di Firefox. Pertama adalah “Language Packs” yang berfungsi dalam user interface si Firefox dan kedua adalah “Dictionary” yang membantu spell-checking saat kita mengetik. Kedua language tools tersebut dalam Firefox sama-sama berbentuk extension yang berarti dapat ditambahkan sesuai kebutuhan.

Nah, apabila kita ingin mengubah bahasa di menu Firefox, tentunya Language Pack bahasa yang ingin digunakan harus sudah terinstall. Sama halnya untuk menggunakan spell-checker saat mengetik, Dictionary bahasa yang digunakan juga harus sudah terinstall. Ukuran extensionnya tidak terlalu besar, untuk Language Packs sekitar 300KB dan untuk Dictionary berukuran mulai dari 18KB s.d. 800KB tergantung bahasanya. Dari mana mendapatkannya? Berikut link downloadnya.

Download Firefox Language Packs dan Dictionary:

» https://addons.mozilla.org/en-US/firefox/language-tools/

 

Mengubah Menu Bahasa di Firefox

Nah, sekarang kita mulai deh ngoprek bahasa di Firefox-nya:)

  1. Download dan install language packs dan dictionary yang diinginkan (akan diminta restart Firefox, di-OK saja:), misal kita installkan bahasa Jepang dan Korea, lihat screenshot berikut.
    langpack
  2. Setelah Language Packs dan Dictionary (untuk spell checking) yang diingikan terinstall, selanjutnya ketikkan about:config di address bar. Kemudian klik tombol “I’ll be careful, I promise!” atau “I accepted the risk!” (tergantung bahasa yang digunakan:), lihat screenshot berikut.

    Screenshot berikut menggunakan versi jadul, gak masalah di versi baru pun masih sama caranya.

    about:config

  3. Temukan “general.useragent.locale” dengan cukup mengetikan kata “useragent” saja pada kolom Filter, lihat screenshot berikut.Locale
  4. Klik ganda untuk mengubah Value-nya, ketikan ja (untuk bahasa Jepang) atau ko (untuk bahasa Korea)—(atau en-US untuk English US)—sesuai nama extension yang kita download sebelumnya (atau cek nama file extensionnya di link berikut: http://download-origin.cdn.mozilla.net/pub/firefox/releases/53.0.3/win32/xpi/), lihat screenshot berikut.
    locale Japanese
  5. Restart Firefox dan berikut hasilnya.Menu bahasa Jepang

    Japanese

    Berikut untuk versi Firefox saat ini (versi 54.0.1)
    firefoxja

    Menu bahasa Korea

    Korea

  6. Untuk mengembalikannya, ubah Value-nya menjadi en-US atau id kembali:)en-US

Mudah bukan? Oprek-oprek saja ya:) Oh ya satu lagi, khusus pengguna Windows XP pastikan font bahasa (Asia Timur untuk bahasa Jepang dan Korea) yang akan digunakan sudah terinstall, untuk pengguna Windows 7 ke atas sudah otomatis terinstall.

** screenshot versi lama tidak saya ubah, link dan langkah-langkahnya sudah disesuaikan dan bisa diterapkan pada versi terbaru (per Juli 2017)

Advertisements

Written by Allan AS

3 July 2011 at 10:17 am

Posted in Browsing, Customizing

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: